HAMARSUDI PASEDULURAN KANG LINUHUR

Kamis, 28 November 2013

SEQUOIA atau BONSAI kah diri kita ?...

Pohon Bonsai, sudah seringkali kita lihat & mungkin kita mempunyainya di rumah. Pohon ini sebenarnya berawal dari Negeri Jepang sana yang selain indah dan mudah dibentuk walaupun tingginya hanya dalam hitungan sentimeter.

Dalam cerita dongeng anak - anak , sering kita melihat ada pohon yang seakan menjulang ke angkasa dan tembus ke atas awan sana. Ternyata itu nyata di alam ini, karena di hutan California sana banyak ditemukan pohon raksasa hutan yang bernama Sequoia. Pohon ini bisa tumbuh mencapai ketinggian 90 meter dan lingkar batangnya hingga 26 meter, salah satunya yang cukup terkenal dgn nama Jenderal Sherman. Pohon raksasa ini begitu hebat sehingga jika ditebang akan menghasilkan kayu bangunan yang cukup untuk membuat 35 buah rumah dengan lima kamar.
Padahal saat berbentuk biji Bonsai dan biji Sequoia berukuran sama kecil, masing2 beratnya kurang dari satu milligram. Setelah keduanya tumbuh dewasa terjadi perbedaan ukuran yang luar biasa dan kelihatannya seperti peristiwa yang sederhana saja, tetapi mari kita mencoba mentafakur alam atas kedua biji tanaman ini.
 
Ketika biji pohon Bonsai mulai menyembulkan tunasnya di muka bumi, orang Jepang mencabutnya dari tanah dan mengikat pokok akar dan memotong sebagian cabang akarnya dengan demikian secara sengaja menghambat pertumbuhannya. Hasilnya adalah sebatang pohon yang indah tetapi tetaplah mini.

 Sedangkan biji pohon Sequoia jatuh ke tanah hutan California yang subur dan mendapat gizi dari mineral, air hujan dan sinar matahari, akan menghasilkan sebuah pohon raksasa.
 
Bukankah sesungguhnya biji Bonsai maupun biji Sequoia tidak punya pilihan dalam menentukan nasibnya, hanya berpasrah saja dimana ditempatkan ditumbuhkan. Tidak demikian dengan manusia, kita semua punya hak untuk menentukan nasib.  Jadi besar atau jadi kecil , tergantung pada apa yang kita kehendaki. Mau jadi pohon sekecil Bonsai atau seraksasa Sequoia....?
 
Citra diri dan cara kita memandang diri sendiri akan menentukan menjadi apa esok kita..
Karena pilihan ada di tangan ANDA.....

Salam@poerone2solo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar