HAMARSUDI PASEDULURAN KANG LINUHUR

Rabu, 28 Agustus 2013

PRASANGKA BIANG DARI SEGALANYA....



Dalam kehidupan keseharian kita , seringkali terjadi benturan diantara warga masyarakat, anggota keluarga bahkan dalam lingkup suami istri itu sendiri. Banyaknya sudut pandang yang mayoritas didominasi oleh kepentingan sendiri atau keegoan masing - masing, membuat sesuatu yang sebenarnya sebuah candaan akan bisa berakibat fatal jika tidak berlandaskan hati yang jernih.

Mata itu hanya untuk melihat, bukan untuk menyimpulkan sebuah berita ataupun informasi. Telinga demikian juga, hanya fungsinya untuk mendengar saja. Sedangkan fikiran, itu hanya untuk merangkai semua yang dilihat & didengar...Sekali lagi, bukan untuk menyimpulkan.. Karena HATI lah yang boleh & bisa menyimpulkan itu semua.. Selama hati itu jernih, selama itu pula semua akan baik - baik saja. Karena semua mempertanggungjawabkan masing - masing..Tp, jika tidak berlandaskan dengan hati..maka akan timbullah yang namanya PRASANGKA..

Prasangka menjadi biang dari sebuah ketidakharmonisan dalam hidup bersosial & bermasyarakat. Seringnya kita menyimpulkan hanya karena yang DILIHAT saja atau yang DIDENGAR saja atau bahkan karena buah dari PIKIRAN buruk kita sendiri. 

Kedepankan hati untuk memberikan nasehat dan saran, bukan untuk menghakimi ataupun menuduhnya. Kebesaran hati bisa diukur dari cara & simpatinya, setelah semua itu terjadi. Mungkin kita hanya mengetahui sedikit saja, yang mungkin bisa benar & mungkin juga salah. Jangan sampai malahan nanti menjadikan kita menjadi pahlawan kesiangan, karena hanya secuil yang ditahu tapi seakan tahu segala - galanya. 

Berhati - hati dalam berprasangka buruk, karena tidak cukup maaf saja untuk mengembalikan itu semua...Alangkah indahnya jika semua mempunyai prasangka - prasangka yang baik, kalau toh nantinya tidak baik nyatanya...biarlah itu milik Allah semata.

Salam@poerone2.solo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar